Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

Seperti yang telah diajarkan saat kita masih duduk disekolah menengah bahwa,bahan mineral tambang yang berasal dari fosil makhluk hidup yang diproses alam selama jutaan tahun lalu.Sehingga bisa disimpulkan bahwa bahan bakar minyak dari fosil makhluk hidup tersebut tidak dapat diperbaharui.Bahan yang berasal dari Minyak bumi tersebut diantaranya seperti bensin dan solar yang kita kenal sekarang.

Penggunaan bahan bakar minyak selalu meningkat seiring dengan populasi kendaraan yang semakin pesat.Dan tidak jarang permasalahan BBM ini menimbulkan banyak polemik,karena ketersediaannya yang terus berkurang.
Bukan suatu yang tidak mungkin bahwa Bahan Bakar yang berasal dari minyak bumi tersebut suatu saat akan habis.Untuk itulah banyak ahli dan produsen mobil terus memikirkan tantang penggunaan bahan bakar nonminyak bumi yang bisa diperbarui.
Selain ketersediaanya yang terus berkurang,bahan bakar alternatif wajin dipikirkan untuk meminimalisir kerusakan lingkungan global akibat emisi kendaraan berbahan bakar minyak.

Di Indonesia sendiri sudah banyak dilakukan penelitian tentang penggunaan bahan bakar non minyakbumi (hybrid),seperti penggunaan minyak jarak,metanol dsb.Namun bahan bakar nonminyak yang sudah banyak dipakai adalah Gas Bumi (BBG),selain itu konversi penggunaan minyak sudah dilakukan ke elpiji.
GAs bukanlah bahan bakar dari bahan hybrida,namun ketersediaan gas saat ini masih melimpah dan tergolong ramah lingkungan.
Berikut beberapa bahan bakar alternatif pengganti minyak bumi.
Etanol atau juga dikenal dengan Metanol adalah varian dari alkohol.Etanol dapat dihasilkan dari gas alam dan bahan hibrida yang mengandung karbon.Penggunaan Metanol sebagai bahan bakar alternatif cukup menjanjikan karena hasil dari pembakaran memiliki tingkat polusi rendah sehingga ramah lingkungan.

Hidrogen
Hidrogen dibuat dengan cara memecah gas alam dan sumber daya lain yang memiliki sifat sejenis. Sumber penghasil paling besar dari hidrogen adalah air.Jika suatu saat teknologi untuk membuat hidrogen dari air sudah ekonomis, hidrogen bisa memiliki potensi yang besar sebagai bahan bakar di masa depan.
Namun penelitian untuk menghasilkan bahan bakar alternatif dari hidrogen masih harus dilakukan.

Gas Alam
Gas alam adalah sumber bahan bakar yang bersih karena emisi yang dihasilkan dari pembakarannya sangat rendah. Gas alam bisa didapatkan langsung dari alam, dan ketersediaanya sekarang masih sangat besar.Emisi gas buang yang dihasilkan oleh mesin pengguna jauh lebih rendah dibandingkan dengan emisis dari pembakaran bensin atau solar.Penggunaan Gas alam sebagai bahan bakar kendaraan sudah dilakukan, namun penggunanya masih sangat sedikit karena belum sepenuhnya didukung oleh penyedia SPBU.

E85
E85 adalah jenis bahan bakar yang sekarang ini sudah bisa digunakan sebagai alternatif pengganti bagi mesin bensin. E85 ini dibuat dari campuran etanol yang lebih besar yaitu 85 persen dan sedikit bagian bensin yaitu 15 persen.
Namun E85 masih kurang efisien jika dibandingkan dengan enggunakan bahan bakar full bensin.Untuk jarak tempuh yang sama,pengguna E85 akan membutuhkan 2 kali lipat jumlah dari pada jika menggunakan bensin.Jadi dibutuhkan dedikasi tinggi terhadap lingkungan jika menggunakan B85 sebagai bahan bakar kendaraan,karena tentunya emisi gas buang lebih rendah daripada bensin.
BIOFUEL
Kembali ke Alam
Biofuel dapat diperolah dari tanaman kelapa sawit, tebu, ketela dan jarak pagar. Bisa dilihat bahwa sebagian besar tanaman tersebut merupakan bahan makanan yang juga di konsumsi oleh manusia. Biofuel dapat dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu bio-etanol, bio-diesel dan bio-oil.

1.Bio-etanol digunakan sebagai pengganti bahan bakar (gasoline) untuk transportasi, dengan target substitusi 10 persen. Bahan bakunya dari ubi kayu atau ketela dan tebu. Cara pembuatannya yaitu dengan proses fermentasi dengan menggunakan bakteri.

2.Bio-diesel digunakan sebagai bahan pengganti diesel (solar) yang akan di gunakan untuk transportasi 10 persen dan power plant 50 persen. Bahan bakunya yaitu dari minyak kelapa sawit dan jarak pagar. Cara memperolehnya yaitu dengan menggunakan proses destilasi, kemudian hasilnya di pisahkan berdasarkan fraksinya.

3.Bio-oil, memiliki 3 turunan, yaitu :
A. Bio-kerosin sebagi pengganti minyak tanah untuk rumah tagga (10 persen) dengan bahan baku minyak kelapa sawit dan jarak pagar.
B. Bio-oil sebagai pengganti automotive diesel oil (ADO) untuk transportasi (10 persen) dan power plant (10-50%), bahan bakunya dari minyak kelapa sawit dan jarak pagar.
C. Bio-oil sebagai pengganti minyak bakar (fuel oil) untuk Industri sebanyak 50 persen. Bahan baku nya adalah kelapa sawit dan jarak pagar.
Bio-fuel dapat kita kembangkan menjadi bahan bakar pengganti, dengan syarat lahan yang digunakan untuk tanaman bahan bakar (ubi kayu, kelapa sawit, jarak pagar dan tebu) tidak mengurangi dari jumlah lahan pertanian untuk bahan makanan. Selain itu tidak membuka lahan baru dengan cara membabat hutan dan padang savana.
Sumber

SOLAR CELL
Di negeri kita ini negara khatulistiwa matahari bersinar sepanjang tahun dan tak terbatas ketersediaannya.
Melihat hal ini sudah barang tentu kita memanfaatkanya.
Memang sudah banyak yang mengembangkan Solar Cell ini tapi perlu langkah efektif dari pemerintah atau lembaga terkait untuk memberi penyuluhan kepada masyarakat luas agar mereka mengetahui dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari

untuk jelasnya disini gan
Spoiler for solar cell:

TENAGA LISTRIK

Dan alternatif ketiga adalah tenaga listrik dengan banyak pembangkit (PLTA,PLTG dll) bukankah betapa melimpah sumber daya listrik ini namun sepertinya belum bisa di alokasikan secara maksimal.
Ditemukannya beberapa alat transportasi elektrik adalah langkah tepat sebagai salah satu penghemat bahan bakar minyak yang semakin menipis ini

Saat ini dunia masih mengidap ketergantungan terhadap minyak bumi.Jika tidak dipikirkan mulai sekarang ketergantungan tersebut tidak akan sembuh.Namun perlu diingat sekali lagi bahwa bahan bakar minyak bumi suatu saat pasti akan habis.Semakin cepat ditemukan bahan bakar alternatif yang efektif,efisien dan murah merupakan masa depan yang cerah.

Posted on Juli 17, 2013, in Pengetahuan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: